Senin, 16 Juli 2012

Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1433 Hijriyah


Ahlan Wasahlan yaa Ramadhan....! Bulan Ramadhan atau Puasa tinggal menghitung hari. Kita semua sedang menunggu sidang isbath Pemerintah melalui ru’yatul hilal yang dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menentukan kapan mulai berpuasa, atau tanggal 1 ramadhan itu? Tanggal 20 atau 21 Juli 2012, jadi kita tidak perlu bingung lagi.
Puasa itu merupakan salah satu ibadah wajib bagi orang-orang yang beriman. Sesuai dengan firman Allah SWT.dalam Q.S. al – Baqarah ayat 183, yang artinya kurang lebih, “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian, agar kalian bertaqwa.” Dari ayat di atas Allah SWT.menggunakan kata yaa ayyuhal ladziina aamanuu...atau hai orang-orang yang beriman...Tidak menggunakan kata yaa ayyuhal ladziina aslaamu...atau hai orang-orang Islam...kenapa??
Jawabannya adalah karena kata “aamanuu” yang artinya beriman, sudah termasuk “muslimuu” maksudnya orang-orang yang beriman sudah termasuk didalamnya orang-orang Islam diwajibkan berpuasa pada bulan ramadhan. Dalam beberapa terjemahan ayat al-Qur’an, Allah SWT.menggunakan kata Iman ketika ayat tersebut berhubungan dengan ibadah bathiniyyah atau ibadah yang tidak terlihat dari luar, sedangkan kata Islam ketika ayat tersebut berhubungan dengan ibadah dzahiriyyah atau ibadah yang bisa dilihat dari luar.
Selamat menyambut bulan Ramadhan 1433 Hijriyah, bulan yang penuh rahmah (kasih sayang), maghfirah (ampunan), dan itqun minan naar (terselamatkan dari api neraka). Bulan Ramadhan juga disebut dengan “syahrul qur’an”, bulan diturunkannya al-Qur’an kitab suci Ummat Islam sedunia.
Substansi puasa adalah pengendalian diri serta menghindarkan diri dari segala perilaku tercela. Dengan demikian ibadah puasa bukan saja menahan nafsu makan, minum, dan berhubungan seks, tetapi juga menahan diri dari segala sesuatu yang diharamkan, seperti ghibah (menggunjing), berdusta, berjudi, korupsi, dan termasuk riba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar