Minggu, 01 Juli 2012

Titel Euro 2012 Milik Spanyol


Pergelaran sepakbola miniatur Piala Dunia, UEFA Euro 2012 baru saja usai. Polandia – Ukraina menjadi saksi atas kedigdayaan tim nasional sepakbola Spanyol. Padahal empat tahun sebelumnya, negara ini mampu menajdi kampiun ketika Euro 2008 diselenggarakan di kota Wina, Austria. Bahkan pada tahun 2010, Spanyol menjadi juara Piala Dunia yang diselenggarakan di negara Afrika Selatan. Itulah deretan prestasi sepakbla negara Spanyol, sehingga mereka mampu menyandingkan gelar juara tersebut selama tiga kali berturut-turut.
Timnas Spanyol di babak kualifikasi satu grup bersama Italia, Kroasia, dan Republik Irlandia. Spanyol berhasil memimpin klasemen grup C dengan nilai 7, diikuti Italia dengan skor 5. Sehingga mereka melenggang ke babak perempat final melawan timnas Perancis. Pada fase ini, Spanyol berhasil mengalahkan Perancis dengan skor 2 – 0. Pada fase berikutnya yakni babak Semi final, Spanyol harus berhadapan dengan Portugal. Mereka kembali berhasil menekuk Portugal dengan skor 2 – 4. Hasil ini mengantarkan mereka ke babak Final.


Grand final Euro 2012 mempertemukan (kembali) antara timnas sepakbola Spanyol melawan timnas sepakbola Italia yang sebelumnya pernah satu grup di babak kualifikasi, yakni grup C. Pada laga penutup piala Euro 2012 ini, tim nasional sepakbola Spanyol berhasil mencukur tim nasional sepakbola Italia dengan skor 4 – 0, Luar Biasa...!! Pertandingan akhir yang di gelar di Ukraina, dipimpin oleh wasit Pedro Proenca asal Portugal. Pada babak pertama gelandang elegan, David Silva mencetak gol pada menit ke – 14. Lalu bek kiri, Jordi Alba berhasil menyarangkan gol pada menit ke – 41. Skor 2 – 0 untuk timnas Spanyol hingga turun minum.
Pada babak kedua striker murni, Fernando Torres berhasil menorehkan gol pada menit ke – 84. Akhirnya, pemain tengah, Juan Mata mampu menyempurnakan gol kemenangan pada menit ke – 88 berkat assist berkelas yang digulirkan Fernando Torres. Skor akhir full time menjadi 4 – 0 untuk kemenangan tim nasional sepakbola Spanyol.
Pada pertandingan final ini, penguasaan bola 54% untuk timnas Spanyol dan 46% untk timnas Italia. Top skor diraih oleh Fernando Torres dengan 3 gol, disusul mario Gomez (Jerman) dan Allan Dzagoev (Russia). Sedangkan best player pada pertandingan final ini diraih oleh tiga pemain Spanyol sekaligus, seperti Xavi, Fernando Torres dan Andres Iniesta. Pelatih terbaik, Vicente Del Bosque (Spanyol). BRAVO ESPAÑA...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar